Peduli

Markus 6:45-52

Ketika melihat betapa payahnya para murid mendayung karena angin sakal, maka kira-kira jam tiga malam, Yesus datang kepada mereka berjalan di atas air …. Lalu Yesus naik ke perahu mendapatkan mereka dan anginpun redalah.

Akhir-akhir ini demikian banyak bencana yang menimpa saudara-saudari kita, banjir di Ngawi, Mantingan, Bojonegoro, Tuban dan Gresik, juga bencana lapindo yang tak juga selesai. Banyak orang kehilangan anggota keluarga, harta milik dan sandaran hidup karena bencana ini. Keadaan ini juga mengundang simpati dari berbagai pihak. Banyak umat kita yang terlibat untuk mengumpulkan makanan kering, mie, air minum dan bahan makanan, menjadi relawan untuk membantu korban bencana. Ini tentu suatu kebanggaan bahwa kita sungguh menghayati hidup sebagai Gereja (persekutuan umat yang percaya kepada Yesus Kristus penyelamat).

Kepedulian demikian itulah salah satu relevansi dari bacaan dari Markus 6:45-52 tersebut. Ketika kita menyaksikan saudara-saudari kita tertimpa bencana dan mengalami kesusahan, kita tergerak untuk membantu. Mengapa kita perlu membantu, karena mereka adalah bagian dari diriku. Mereka adalah bagian dari tubuh Gereja yang sedang mengalami kesusahan. (Fr. Gunawan,CM)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: