Pulanglah ke rumahmu

Mrk 5:1-20

Pulanglah ke rumahmu, kepada orang-orang sekampungmu, dan beritahukanlah kepada mereka segala sesuatu yang telah diperbuat Tuhan atasmu dan bagaimana Ia telah mengasihani engkau (Mrk 5:19).

Pengalaman kehilangan orang tua atau saudara-saudari, putus dengan teman dekat, perpisahan dengan sahabat yang sudah lama dekat, dan lain-lain, barangkali sudah kita alami dalam hidup kita. Perpisahan dengan orang-orang yang kita cintai dan orang-orang yang dekat dengan kita itu sungguh merupakan peristiwa yang menyesakkan kita.

Demikianlah yang dialami seorang yang kerasukan roh jahat dari pekuburan yang menemui Yesus. Ia dikuasai oleh roh jahat dan ia dipisahkan dari orang-orang yang dicintainya. Ia terasing dari hidupnya sendiri dan orang-orang yang ada di sekitarnya. Ia mengalami kesepian dan kehilangan kebebasan untuk mengatur hidupnya.

Namun Yesus datang dan membebaskan orang itu dari kuasa roh-roh jahat (Legion). Ia mengalami pembebasan yang luar biasa dalam hidupnya. Namun tidak hanya itu, ia diminta Yesus untuk pulang ke rumahnya kepada orang-orang sekampungnya. Untuk apa? Untuk berjumpa dengan orang-orang yang dicintainya, untuk kembali merasakan kehangatan persaudaraan dengan orang-orang dekat.

Namun bukan itu saja; ia juga diutus untuk memberitahukan segala sesuatu yang diperbuat Tuhan padanya, kasih Tuhan padanya.

Kasih Tuhan yang kita terima dalam hidup, juga merupakan panggilan dan perutusan untuk pulang ke rumah kita dan memberitahukan segala sesuatu yang diperbuat Tuhan pada kita.

Pulang ke rumah kita berarti pulang untuk membagikan kasih Tuhan dalam hidup kita, untuk menceritakan kebaikan Tuhan yang kita terima kepada orang yang kita cintai, bukan hanya dalam hal kerja dan uang melainkan dalam hal pengalaman menerima kasih Tuhan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: