Persiapan Perayaan Kasih Allah

Orang-orang Yahudi tidak bisa memahami, siapa Yesus dan mengapa Ia hadir di dunia ini. Oleh karena itu, saat Yesus mengatakan “Aku akan pergi, dan kamu akan mencari Aku, namun ke tempat Aku pergi, tidak mungkin kamu datang,” maka mereka menduga Yesus mau bunuh diri. Yesus menanggapi pernyataan mereka dengan berkata: “Kamu dari bawah, Aku dari atas; kamu dari dunia ini, Aku bukan dari dunia ini.”

Orang-orang Yahudi itu semakin tidak memahami apa yang dikatakan Yesus itu. Maka Yesus berkata kepada mereka: “Apabila kamu telah meninggikan Anak Manusia, barulah kamu tahu bahwa Akulah Dia, dan bahwa Aku tidak berbuat apa-apa dari diriKu sendiri, tetapi Aku berbicara tentang hal-hal sebagaimana diajarkan Bapa kepadaKu.” Mereka dapat paham apa yang dikatakan Yesus bila mereka meninggikan Yesus artinya percaya padaNya.

Kehadiran Yesus ke dunia ini adalah untuk melaksanakan kehendak Bapa, membawa manusia kembali dalam hubungan yang harmonis dengan Allah. Karena oleh dosa manusia, hubungan manusia dengan Allah telah rusak. Kehadiran Yesus adalah ungkapan kasih Allah yang selalu berkehendak baik untuk menerima manusia yang mau kembali kepadaNya.

Perayaan Paskah pada dasarnya adalah perayaan kasih Allah yang luar biasa itu. Perayaan Paskah adalah perayaan syukur atas kasih Allah yang tetap terbuka menerima kita manusia walau kita telah meninggalkanNya.

Dalam perjalanan hidup ini, kita kerapkali sulit untuk melihat kasih Allah itu, karena kita merasa apa yang kita terima melulu hasil kerja kita. Masa para-paskah adalah masa yang baik untuk mempersiapkan diri merayakan peristiwa kasih itu. Masa untuk membangun sikap tobat karena kurang bersyukur atas kasih Allah yang kita terima tiap hari dan masa untuk mengungkapkan syukur atas kasih Allah dengan melakukan amal kasih. Manakala kita dapat mensyukuri kasih Allah itu, maka kita dapat meninggikan Allah. Dan “Apabila kamu telah meninggikan Anak Manusia, barulah kamu tahu bahwa Akulah Dia, dan bahwa Aku tidak berbuat apa-apa dari diriKu sendiri, tetapi Aku berbicara tentang hal-hal sebagaimana diajarkan Bapa kepadaKu.” (gunscm)

Leave a Reply

