SURAT FREDERIK OZANAM KEPADA JOSEPH ARTHAUD

Paris, 27 April 1 840 Sahahatku terkasih,
Saya sungguh terlambat dalam mengirim alamat-alamat yang sudah lama kau nantikan. Namun keterlambatan saya akan mendorongmu untuk memaafkan keterlambatan orang lain. Ataukah kami semua akan mendapat kutukan yang sama? Saya tidak tahu, tetapi saya dapat juga mcnghibur diriku, karena berkat keterlambatan ini, saya sempat membalas surat indah yang telah kau kirim kepadaku Sabtu yang lalu.
Pcrtama-tama terimalah ucapan syukurku atas kesetiaanmu yang pcnuh per¬sahabatan dalam menangani urusan saya di Lyons. Maafkanlah aku yang demi¬kian berani membebanimu dengan pekerjaan tambahan ini. Sungguh kaulah yang paling tepat untuk urusan-urusan ini. Namun saya tidak akan membiarkan gang¬guan ini merepotkan kamu terlalu lama, karena paling lambat besok tgl. 7 Mei saya sudah akan sampai di Lyons. Tolong, sampaikanlah berita ini kepada mereka yang mengetahui rencana perjalanan pulangku. Itu berarti bahwa mungkin kamu harus memberi kabar ini kepada scluruh kota, karena rupanya di Lyons, kota yang penuh misteri dan rahasia, seakan-akan tembok pun mempunyai telinga.

Saya akan melewati Hari Raya Gembala Baik di Paris. Pada hari itu Lallier akan berkumpul dengan saya. Kesempatan itu akan kami pergunakan untuk mem¬pelajari situasi Serikat saat ini. Terlalu panjang bila saya menyampaikan kepada¬mu kesan-kesan yang saya peroleh pada akhir ini. Di Paris telah ditentukan beberapa langkah yang baik. Banyak konferensi mendapat ketua baru yang patut dikagumi. Bapak Tissier, yang kau singgung dalam suratmu, Cornudet, sarjana hukum yang bekerja di Dewan Negara; Ferrand, seorang dokter, Wilson, mantan anggota redaksi Revue Europeenne. Setiap bulan para ketua Konferensi berkum¬pul untuk membicarakan masalah-masalah yang menyangkut kepentingan ber¬sama. Saya tahu sendiri bahwa pembicaraan di antara mereka sungguh bermutu. Sudah mulai bermunculan banyak karya baru, secara khusus satu usaha latihan kerja, satu perpustakaan untuk tentara, satu kantor untuk penempatan tenaga kerja.
Tetapi sebenarnya saya sudah mengucapkan kata yang menjadi titik lemah kita. Sesungguhnya sudah mulai kelihatan suatu kecenderungan yang sudah saya lawan dulu, yaitu kebiasaan mengutamakan birokrasi dcngan surat dan kertas yang berlebihan. Surat, brosur, blanko, buletin dll. menyibukkan terus menerus percetakan. Masalah ini akan saya uturakan dalam Rapat Umum.
Selain itu, banyak rapat kita masih dilangsungkan di sakristi. Namun kecen¬derungan klerikal ini akan berkurang dengan berkurangnya pengaruh Bapak Le Prevost. Akhirnya dia rela mcngundurkan diri sebagai Wakil Ketua Umum. Dan ini sungguh penting, karena orang yang memegang jabatan ini hampir secara otomatis berhak menggantikan Ketua Umum. Bapak Bailly pun belum berani mcmilih seorang anggota lain yang tepat untuk jabatan itu. Kebimbangannya memperlambat pembentukan Dewan Umum Serikat vang sejati. Namun demikian beberapa gagasan penting yang sangat berpengaruh mulai bermunculan. Organi¬sasi menjadi demikian besar. Karena itu tclah disepakati bahwa pimpinan pusat, sebelum bertindak untuk seluruh Scrikat, membutuhkan semacam ‘tahbisan’. Surat Paus kepada Lord Shrewsbury, ketua Institut Katolik Inggris, menumbuh¬kan harapan bahwa kita pun dapat memperoleh surat serupa. Lima belas hari lagi dua anggota Serikat akan berangkat ke Roma, atas biaya mereka sendiri, untuk mohon dokumen serupa, yang dapat meresmikan kehadiran kita dalam Gereja, tanpa memasukkan kita dalam kelompok Konfraternitas. Kalau rencana itu ber¬hasil, menurut pendapat Bapak Bailly, Pengurus Umum, berdasarkan pengakuan itu, dapat berhubungan dengan Konferensi-konferensi yang berkedudukan di luar Paris; sedangkan sekarang konferensi itu akan memandang tindakan semacam itu sebagai campur tangan yang tidak pada tempatnya dalam urusan intern Konferensi itu sendiri.
Mengenai Anggaran Dasar, kita akan mencapai hasil penuh tentang paragraf tcrakhir (art. 59), tentang tanggal awal, tentang pembiayaan Dewan Harian dan tentang beberapa masalah lain yang marginal. Pendapat kita mengenai pemilihan Ketua Umum rupanya tak dapat dilaksanakan, menurut pandangan Lallier. Akhir¬nya rumusan Anggaran yang sekarang berlaku dapat diubah, sehingga kita dapat kembali pada peraturan pertama. Lima belas konferensi yang berkedudukan di luar Ibukota dan scparuh anggota konferensi- kenferensi Paris hanya mengenal per¬aturan baru. Diakui terus terang bahwa tcrjadi kekeliruan, dan untuk selanjutnya semua sepakat untuk tidak melakukan perubahan pada Anggaran Dasar dengan menambah aturan melalui jalan pintas. Pcrtambahan jumlah anggota yang sangat menyolok ini merupakan kesulitan yang tidak ringan bagi suatu organisasi yang pada awalnya mulai berjalan dengan cita-cita yang amat sederhana. Rupanya Bapak Bailly saat ini sungguh mcmikirkan masalah ini, lebih daripada di masa lalu. Mengenai Bapak Riancey, saya tahu bahwa dia scorang sastrawan dengan kemampuan yang patut diperhitungkan, tetapi saya tidak mengenalnya dari segi lain.
Surat ini dapat kau bicarakan dengan anggota-anggota lain yang kau angap tepat. Bila surat ini kau jawab mclalui kurir besok Jumat, saya mengharapkan pe¬san-pcsan baru mengenai Rapat Umum. Sikap tekun dan tegas dari pihak saya tidak akan berkurang; tetapi saya sungguh kekurangan waktu. Sebagian besar ter¬sita untuk urusar-urusan saya; sisanya untuk memenuhi ajakan sahabat-sahabat; ajakan itu terlalu menyenangkan, sehingga tak kuasa saya tolak. Saya sungguh terharu atas kehangatan mereka.
Mcngapa kematian sahahat kita Fornet datang untuk merusak saat penuh sukacita seperti ini? Besok Minggu kita akan berdoa untuk dia. Sementara kami akan mengenang orang-orang yang telah tiada, kalian tidak akan melupakan kami yang masih hidup. Cukup bagi saya mcngatakan bahwa semua orang Lyons yang tinggal di Paris mengharapkan kasih dan doa kalian, yaitu Roe, Guillaud, Bougcon, Hignard, dll., dan yang terakhir saya sendiri yang untuk selamanya akan tetap menjadi saudara kalian dan sahabatmu yang penuh rasa terima kasih.

A. F. Ozanam

Leave a Reply

