“Jika kamu tidak melihat tanda dan mukjijat, kamu tidak percaya.”

<a mce_thref=Get your own comment graphics @ ohmyspace.com
Yohanes 4:43-54

Manakah yang lebih menyenangkan; menyambut artis atau aktor terkenal yang sudah kita kenal ataukah menyambut orang biasa. Tentu secara spontan kita akan cepat menjawab “Lebih menyenangkan menyambut artis atau aktor terkenal.” Lebih dari itu, kita juga akan cepat percaya dengan apa yang dia katakan dan demikian tertarik dengan apa saja yang dilakukannya.

Saat Yesus pergi ke Galilea, orang-orang menyambut Dia, karena mereka telah melihat sendiri apa yang telah dikerjakan Yesus. Di mana Dia membuat air menjadi anggur. Dan mereka juga telah mendengar bahwa di tempat lain Yesus juga telah membuat banyak mukjijat penyembuhan. Mereka melihat tanda, baru mereka percaya. Mereka menyaksikan mukjijat yang dibuat oleh Yesus, maka mereka percaya kepadaNya. Oleh karena itu, maka Yesus menegur pegawai istana yang anaknya sedang sakit dan meminta pertolongan kepadaNya: “Jika kamu tidak melihat tanda dan mukjijat, kamu tidak percaya.” Dan semuanya terbukti, setelah Yesus menyembuhkan anak pegawai istana itu, pegawai istana dan seluruh keluarganya percaya akan Yesus.

Kitapun kerapkali berharap tanda. Dalam doa-doa kita, kadang kita sangat berharap tanda dari Tuhan. Ketika dalam persoalan yang sulit, kita berharap tanda yang hebat, yang membuat mata kita terbelalak, dst. Tanda itu secara tak sadar menjadi syarat bagi kita untuk percaya pada Allah, menjadi penggerak ketekunanku dalam berdoa, menjadi motif dari tindakan amalku. Jangan bertumpu pada tanda. Tumpukanlah hidup pada iman (percaya) akan Allah. Dan tanda-tanda itu akan diberikan Allah dalam perjalanan hidup kita.“Berbahagialah mereka yang tidak melihat (tanda), namun percaya” (Yoh 20:29). (fr.gunawan,cm)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: