Akupun tidak menghukum engkau.

Yoh 8:1-11

 Akupun tidak menghukum engkau. Pergilah, jangan berbuat dosa lagi mulai dari sekarang     (Yoh 8:11)

Perempuan yang kedapatan berzinah itu, mengalami ketakutan yang luar biasa. Ia tahu konsekuensi dari apa yang telah diperbuatnya. Ia akan dirajam. Orang-orang Farisi dan ahli Taurat yang telah menangkapnya juga berencana untuk melaksanakan apa yang ada dalam hukum Musa yaitu melempari dengan batu (merajam) perempuan yang kedapatan berzinah itu. Perempuan itu dalam ketakutan yang besar dan tanpa daya di sekeliling orang banyak. Ia hanya bisa pasrah pada keadaan. Ia sudah tanpa harapan.

Peristiwa penangkapan perempuan yang berzinah itu digunakan oleh ahli Taurat dan orang-orang Farisi untuk mencobai Yesus supaya dapat menyalahkanNya. Maka mereka datang pada Yesus untuk meminta pendapatNya. Yesus tahu maksud mereka maka Ia berkata: “Barangsiapa di antara kamu tidak berdosa, hendaklah ia yang pertama melemparkan batu kepada perempuan ini.” Orang-orang Farisi itu dan ahli Taurat itu tidak ada yang berani melempari batu. Mereka tahu bahwa mereka juga orang berdosa maka satu persatu mereka meninggalkan perempuan itu.

Maka tinggal Yesus dan perempuan itu yang ada. Lalu Yesus berkata kepadanya: “Hai perempuan, di manakah mereka? Tidak adakah seorang yang menghukum engkau?”.  “Aku pun tidak menghukum engkau. Pergilah dan jangan berbuat dosa lagi mulai dari sekarang.”

Perempuan itu kini memiliki harapan hidup lagi. Ia dibebaskan dari ketakutan oleh karena Yesus yang ada didekatnya. Orang-orang Farisi dan ahli Taurat tidak jadi melempari dia dengan batu. Yesuspun tidak menghukumnya. Yesus justru memberikan perutusan kepadanya: “Pergilah dan jangan berbuat dosa lagi.”  Artinya bangunlah hidup yang baru dan jangan mengulang lagi perbuatan dosa itu.

Yesus saat ini selalu hadir dalam hidup kita. Siap untuk mengampuni kita yang mau bertobat, namun pertobatan yang sungguh-sungguh bukan hanya di mulut. Pertobatan yang disertai dengan pembaharuan hidup. Marilah kita mewujudkan semuanya itu dalam hidup kita. (fr gunawan, cm)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: