Iman yang Hidup

“Sebab seperti tubuh tanpa roh adalah mati, demikian jugalah iman tanpa perbuatan-perbuatan adalah mati” (Yak 2:26).

Saudara-saudari terkasih, “Apakah gunanya, saudara-saudaraku, jika seorang mengatakan, bahwa ia mempunyai iman, padahal ia tidak mempunyai perbuatan? Dapatkah iman itu menyelamatkan dia?”
Orang kerapkali berfikir bahwa iman itu hanya soal percaya pada Tuhan titik. Soal aku mempercayakan diri pada Tuhan dan segala rencanaNya titik. Padahal iman bukan hanya soal percaya pada Tuhan titik. Iman adalah soal mempercayakan diri pada Tuhan dan segala rencanaNya koma. Lanjutannya ialah iman itu harus dihayati dalam hidup, sehingga menjadi iman yang hidup bukan iman yang mati.

Tidaklah cukup kalau orang hanya berdoa terus menerus, devosi, ekaristi setiap hari, doa pribadi begitu panjang, dan segala kegiatan rohani lain. Iman yang hidup membawa pertobatan dan buah-buah yang dapat dirasakan oleh orang-orang yang ada di sekitarnya. Tanpa ada pertobatan pribadi dan buah-buah yang nyata maka iman itu adalah iman yang kosong dan mati.

Seperti Abraham dibenarkan karena perbuatan-perbuatannya, ketika ia mempersembahkan Ishak, anaknya, di atas mezbah, “… maukah engkau mengakui sekarang, bahwa iman tanpa perbuatan adalah iman yang kosong?” (Yak 2:20). Pertanyaan ini tentu tidak mudah untuk dijawab. Namun kita akan dapat merasakannya dan mengalaminya. Kapan? Saat kita berjumpa dengan orang yang memiliki iman yang hidup. Kita secara alami akan dapat merasakanya ketika kita ngomong-ngomong dengan mereka. Kata-kata yang keluar dari mulutnya itu memiliki kekuatan dan membuat kita tergerak untuk melakukan perbuatan yang baik dan sesuai dengan kehendak Tuhan sendiri. Jadi kata-kata yang keluar dari orang yang beriman membahwa pertobatan dan pembaharuan diri.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: