Tidak ada yang mustahil bagi orang yang percaya

Markus 9:14-19

Jenis ini tidak dapat diusir kecuali dengan berdoa (Mrk 9:29).

Akhir-akhir ini muncul berita heboh soal telepon setan. Menurut kesaksian beberapa orang, efek dari telpon setan adalah tangan seperti kesetrum listrik dengan tegangan tinggi, lalu sekujur tubuh kaku, dan muntah-muntah disertai berkali-kali kencing. Walaupun belum terbukti apakah itu memang dari kuasa setan, ataukah ulah sekelompok orang tertentu karena persaingan bisnis, namun yang jelas banyak orang cemas dan takut, terlebih saat Hp mereka berdering pada malam atau dini hari.

Seorang Bapak membawa anaknya kepada Yesus. Anak itu kerasukan roh yang membisukan, setiap kali roh itu menyerang dia, roh itu membantingkannya ke tanah, lalu mulutnya berbusa, giginya bekertakan, dan tubuhnya menjadi kejang. Bapak itu sudah minta para murid untuk mengusir roh itu namun mereka tidak dapat. Maka ia memohon pada Yesus katanya: “… jika Engkau dapat berbuat sesuatu, tolonglah kami dan kasihanilah kami.” Yesus menjawab: “Katamu, jika Engkau dapat? Tidak ada yang mustahil bagi orang yang percaya!” Maka segera Bapak itu berteriak: “Aku percaya. tolonglah aku yang tidak percaya ini!” Kemudian Yesus mengusir roh jahat yang merasuki anak itu. Setelah peristiwa itu, ketika di rumah, murid-murid bertanya kepada Yesus: “Mengapa kami tidak dapat mengusir roh itu?” Yesus menjawab: “Jenis ini tidak dapat diusir kecuali dengan berdoa.”

Kekuatan doa akan membebaskan kita dari pengaruh roh jahat. Namun doa yang dimaksud bukanlah doa ritual melainkan doa yang penuh iman. Kalaupun telpon setan itu sungguh dari kuasa kegelapan (santet dll) janganlah kuatir. Dengan kuasa doa kita yang penuh iman, maka kuasa jahat itu dapat dikalahkan. Kedekatan kita dengan Allah, terlebih kehadiran Tubuh Kristus dalam tubuh kita, akan membentengi diri kita dari kuasa setan atau kejahatan. Apakah kita mengimani kuasa Allah dalam doa-doa kita dan dalam kehadiran Tubuh Kristus di tubuh kita? Yesus sendiri menegaskan hal itu dengan berkata: “Tidak ada yang mustahil bagi orang yang percaya” (Mrk 9:23).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: