Memaknai Akibat Sebutir Pasir

Penakluk pertama Mount Everest, puncak tertinggi pegunungan di himalaya, Sir Edmun Hillary, pernah ditanya wartawan apa yang paling ditakutinya saat menjelajah alam. Dia lalu mengaku tidak takut pada binatang buas, jurang yang curam, bongkahan raksasa, atau padang pasir yang luas dan gersang sekalipun.

Lantas apa? “Sebutir pasir yang terselip diantara sela jari-jari kaki”, kata Hillary. Wartawan heran, tetapi sang penjelajah melanjutkan kata-katanya. “sebutir pasir yang masuk diantra sela jari kaki sering kali menjadi awal petaka. Ia bisa masuk kekulit kaki atau menyelusup lewat kulit. Lama-lama jari kaki terkena infeksi lalu membusuk. Tanpa sadar kakipun tak bisa digerakkan, dan itu awal malapetaka bagi seorang penjelajah sebab ia hanya bisa ditandu”.

Harimau, buaya, binatang, meski buas adalah binatang yang secara naluriah memiliki rasa takut kepada manusia. Sedangkan menghadapi jurang yang dalam dan ganasnya padang pasir, seorang penjelajah sudah punya persiapan memadai. Tetapi, jika menghadapi sebutir pasir yang akan masuk ke jari kaki, seorang penjelajah tidak mempersiapkannya. Dia cenderung mengabaikannya. (http://inspirasi2.wordpress.com/2008/07/28/sebutir-pasir/ Diakses, Jum’at 14 November 2008)

    Makna:

    Jangan meremehkan kebiasaan-kebiasaan baik yang kecil. Misalnya: makan, olah raga, istirahat, rekreasi, rileks, membaca, merenung, dll. Karena hal-hal kecil itu merupakan awal dari hasil-hasil dan akibat-akibat yang besar di masa mendatang. Tidak ada orang yang langsung sukses. Orang yang sukses adalah orang yang tekun mulai dari hal-hal yang kecil. Tekun untuk belajar dan mencoba terus menerus apa yang menjadi minat atau perhatiannya.

    “Siapa yang setia dalam perkara-perkara kecil, ia setia juga dalam perkara-perkara besar, siapa yang tidak benar dalam perkara-perkara kecil akan tidak benar juga dalam perkara-perkara besar.” (Lukas 16:10)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: