Kepenuhan Hidup

imagesKisah Para Rasul 7:51-8:1a
Yohanes 6:30-35

Apa yang membuat orang “mati” meskipun hidup (Artinya menjalani hidup dengan sedih, merasakan dirinya seolah selalu diterpa masalah, merasakan dirinya seolah orang yang paling menderita di dunia ini)? Apa yang bisa membuat orang hidup lebih hidup?
Banyak iklan produk tertentu yang mengatakan bahwa orang yang mengkonsumsi obat tertentu atau makanan tertentu akan harmonis dalam keluarga, akan membuat orang selalu semangat dan sehat. Benarkah demikian? Apa yang sungguh membuat orang hidup?
Yesus bersabda “Akulah roti hidup; barangsiapa datang kepadaKu, ia tidak akan lapar lagi, dan barangsiapa percaya kepadaKu, ia tidak akan haus lagi.” Tuhan Yesus menegaskan siapa diriNya. Dia adalah makanan yang akan membuat orang yang memakannya tidak lapar lagi. Namun syaratnya adalah orang itu mau datang padaNya dan memakan Dia. Artinya menyantap Dia dan membuka diri untuk dialiriNya sehingga ia hidup.
Ia juga menegaskan siapa diriNya. Dia adalah minuman yang tidak membuat orang haus lagi. Syaratnya adalah percaya. Percaya bahwa Yesus sendiri yang akan mengalir dalam tubuhnya dan memenuhi kehausannya.
Hanya dalam Dialah orang akan mengalami kepenuhan hidup yang sesungguhnya. Bukan kepenuhan hidup yang semu dan sementara. Tuhan adalah pusat kepenuhan hidup, yang akan membuat hidup kita lebih hidup. Saat kita menumpukan kepenuhan hidup pada uang, benda, pribadi lain, kekuasaan, maka kita hidup namun “mati.” Sebaliknya saat kita menumpukan kepenuhan hidup pada Tuhan, maka hidup kita penuh dengan harapan bukan keputusasaan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: